Kamis, 08 Juli 2010

Gerakan Anak Muda NTT Menulis!


''...kita punya penulis-penulis kreatif semacam Sastrawan Gerson Poyk, Maria Mathildis Banda. Ada juga Kleden bersaudara, hingga Om Dion Db Putra...masih banyak''




Tiba-tiba saja ide ini melintas di benak saya. Tiba-tiba saja peristiwa menulis blog 31 hari yang digebrak teman-teman di Forum Blogger NTT menarik saya pada ide ini. Ide gila. Tapi apa salahnya mencoba? Saya lantas mengirim pesan puanjaaaang lebar terkait ide saya itu ke teman-teman baik saya. Mereka yang saya tahu betul bukan saja mendukung ide saya tapi juga sudah melakukan spt yang saya idekan dengan sangat baiknya, sejak lama sebelum ide saya ini hadir.

Oke. Ini ide yang datang seolah sepaket dengan amunisinya. Amunisi jika dan jikalau ada yang merasa pesimis dengan optimisnya saya.

***
Saya suka menulis. Menulis bagi saya pribadi adalah cara saya mengaktualisasikan diri saya, mengaktualisasikan ide di benak saya yang sebelumnya ta kelihatan-tak diketahui orang lain, menjadi kelihatan dan terpahami oleh orang lain melalui media tulisan. Menulis bagi saya juga adalah satu cara unik dimana saya bisa melatih kepekaan memori, motorik dan logika saya: merangkai ide-imaji menjadi kata, menjadi bermakna, menjadi kelihatan, menjadi nyata. Maka saya bisa pastikan bahwa bagi saya, menulis melatih kreativitas, melatih kecerdasan dan kekritisan saya. Semangat menulis secara linear membawa semangat saya untuk mencari tahu, membaca, mengaktifkan keseluruhan indera saya menjadi lebih peka lagi. So, menulis itu bagus bukan?

***
Saya rasa semua orang pernah menulis, ada yang tergolong kadang-kadang menulis, ada juga yg tergolong sering menulis, seberapapun itu frekuensinya, adalah lebih penting karena Anda sudah menulis.

Ketika saya menyampikan ide ini ke Sandra teman baik saya, dia menanyakan menulis apa? Apa temanya?

Oke…kawan, apa saja. Karena gerakan awal ini lebih kepada MENULIS saja, belum sampai pada spesifikasi apa yang harus saya tulis, teman apa, tulisan berbentuk apa, Kapan, Hingga kapan saya harus tulis. Yang penting disini adalah saya ingin mengajak teman-teman muda NTT untuk akrab dengan aktivitas menulis. Karena fakta yang saya lihat dua tahun belakangan ini ketika saya aktif di forum blogger, di facebook, dll, potensi menulis dari kalangan muda NTT sudah sangat banyak, sangat kelihatan. Kembali lagi ke alasan AMUNISI saya diatas, inilah amunisinya: fakta kalau anak muda NTT itu banyak kok yang suka menulis. Mereka yang saya lihat begitu ekpresifnya menunjukan diri mereka lewat ragam tulisan di blog, di aplikasi Notes di facebook, dll. Ini jika berbicara teman-teman muda NTT. Kalo yang diatas ‘muda’, ‘dewasa-tengah’, ‘dewasa akhir’ atau yang tua (tapi selalu berjiwa muda), faktanya jelas jauh lebih baik. Banyak nama-nama besar, penulis besar datang dari NTT. Dari fakta-fakta itulah yang kemudian memotivasi saya untuk mencoba mengajak teman-teman muda (bahkan kalau boleh anak dan remaja NTT sekalian) untuk bisa menyadari potensi itu, untuk juga paham betul dasar dari aktivitas menulis bahwa ada begitu banyak efek positif yang bisa ditimbulkan dari sebuah aktivitas sederhana bernama ‘MENULIS’.

***
Ini gerakan baru, satu semangat yang coba saya rintis bersama teman-teman di forum Blogger NTT. Puji Tuhan dalam beberapa hari ini sudah banyak respon positif dari teman-teman dekat saya di Facebook, mereka yang juga notabene adalah Blogger aktif, Blogger ‘kadang-kadang’ (kadang-kadang aktif menulis kadang gak), ada beberapa teman yang setahu saya biasa menulis tapi seringnya malu-malu mempublikasikan tulisannya. It’s OK.

Untuk bergabung dalam gerakan ini memang gak ada batasan khusus harus menulis apa, tema apa, dsb. Semua bebas menulis apa saja, bebas mengekspresikan dirinya dengan media tulisan. Bahkan bisa dimulai dengan cara sederhana saja, semudah, senyaman dan serileks yang sudah bisa/biasa kita lakukan. Karena belum ada forum khusus (bisa sekalian gabung dulu ke Forum BLOGGER NTT @ http:/www.flobamora.org), semua dimulai dari diri masing-masing, dari buku harian, dari akun facebook, dan dari blog masing-masing. Menulis dan sertakan kalimat berikut dalam setiap tulisan yang akan Anda publikasikan:

‘’ …mendukung Gerakan ANAK MUDA NTT Menulis!’,

hanya itu. Besar harapannya dengan kalimat motovasi itu, pembaca pun bisa tergugah untuk ikut menulis apalagi jika dia adalah ANAK MUDA NTT!’’
Mulailah menulis, mempublikasikan tulisan-tulisan Anda, sesederhana apapun yakinlah bahwa mungkin tidak sekedar berguna bagi diri sendiri, siapa tahu akan berguna bagi orang lain, bagi hal-hal yang lebih besar dalam hidup ini. Kalau sudah begitu siapa yang gak senang sih???


Jogja, 4 Juli 2010
CERAH HATI @ http://www.naked-timor.blogspot.com
FORUM BLOGGER NTT @ http://www.flobamora.org
thanks untuk yang sudah mendukung, teman-teman baik saya, penulis-penulis kreatif juga!:
Doddy Nai Botha, Blogger dari Bajawa yg kini sedang studi ilmu Teknkik Industri di Jakarta: http://www.deedo51.co.nr/
Maria Pankratia Mete Seda: Blogger dari Ende. Kini bekerja di Bali. http://bittersweetzone.blogspot.com/
Sandra Frans: Blogger dari SoE. Kini sedang studi kedokteran umum di Malang. http://tulisan-sandra.blogspot.com
kak Tuteh Pharmantara: Ketua Umum Forum Blogger NTT, kini bekerja di Maumere. http://tuteh-pharmantara.blogspot.com/

***

Untuk CERAH HATI, Forum Blogger NTT dan Gerakan ANAK MUDA NTT Menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beta tunggu lu pung komentar di sini, danke...