Senin, 22 April 2013

Sinopsis Cerpen-cerpen dalam Kanuku Leon


Berikut adalah sinopsis 16 cerpen  yang akan ada di buku Kanuku Leon saya. Proyek penerbitan Kanuku Leon saya buat dengan menerapkan sistem crowd-funding, hasilnya 50 % bukunya saya hibahkan secara gratis ke perpustakaan SMA dan rumah baca di NTT, dan sisanya 50% saya jual dengan harga terjangkau khusus untuk pelajar dan mahasiswa, untuk mendukung misi gemar membaca dan upaya kreatif-inspiratif bagi anak-anak muda NTT lainnya.
Berminat terlibat dalam proyek ini? SMS saya 081338037075! Saya antar proposalnya. 
Baca juga ulasan saya di Twitter yang sudah saya bikin chripstorynya, cek DI SINI


1.      Gugur Sepe Usapi Sonbai
Sinopsis: Ketika Natal tiba bersamaan dengan mekarnya bunga dari pohon Sepe, di sebuah kampung kecil bernama Usapi Sonbai, Jos seorang koster di sebuah kapela mendadak galau. Sebab ia teringat Maria cinta pertamanya yang pergi tanpa pamit menjadi TKW ke Malaysia. Pada musim-musim Sepe berbunga selanjutnya Jos mendapat kabar buruk. Ia lantas gila dan menemukan sosok penyelamatnya yang sejak lama berdiam di kapela tersebut. Setting cerpen ini di Usapi Sonbai, Kupang Barat. 

2.      Namaku Neontuaf
Sinopsis: Seorang anak muda yang tanpa sengaja bertemu dengan dua sosok misterius (Si Pemimpin Ibadat dan Si Penenun Mimpi) penjaga pintu menuju sebuah gunung keramat pada sebuah ritual adat. Beberapa peristiwa aneh terjadi karena ketidakpercayaan segelintir orang, termasuk si anak muda. Ketidakpercayaan yang menuju pada kesesatan jiwa atau malah terpilih menjadi sang Jumper? Latar cerpen ini di kaki gunung Mutis, Timor. 

3.      Soleman
Sinopsis: Soleman, kakek tua pensiunan tentara KNIL dengan bangga dan semaraknya berhasil merasuki pikiran ketiga cucunya tentang kisah lampau nan heroik. Masa silam tentang kisah cinta pada keluarga yang teramat manis dengan latar peristiwa perang dunia ke-2 di Semarang dan Timor. Latar cerpen ini di Semarang, Kupang dan Kapan. 

4.      Ada Kisah Tentang Lukisan Ikan di Fetonai
copyright by Arystha AY Pello (@arysthaa)
Sinopsis: Fetonai adalah sebuah desa nelayan. Berdiamlah sebuah komunitas umat Katolik kecil yang rupanya hidup tak rukun. Ada pro dan kontra di kalangan umat, ketika ada kejadian menghilangnya seorang anak nelayan miskin. Kasus itu berhubungan dengan peristiwa hamilnya seorang perempuan kerabat dekat Bupati setempat, yang diduga dilakukan oleh sang anak nelayan miskin. Pelik. Dan keluarga nelayan miskin itu makin terpojokkan. Hingga akhirnya datanglah seorang pastur yang mendamaikan suasana hati umat.  Latar cerpen ini di Fetonai, Kupang Barat.

5.      Kanuku Leon
Sinopsis: Masyarakat suku Mollo di dekat bukit Naususu heboh setelah ditemukannya sepasang bayi kembar, yang dimukian diberi nama Kinala dan Kinali. Ketika besar, bersama mama dan saudara tirinya, dua kembar ini terlibat dalam usaha mengusir pengusaha pertambangan marmer dari Mollo. Dalam sebuah peristiwa mistis, mereka terdampar di masa silam dalam sebuah pertemuan penting tiga orang raja penguasa Pulau Timor di bawah sebuah pohon beringin. Nunuh. Kanuku leon itu sendiri. Dua kembar ini rupanya anak spesial. Latar cerpen ini di Mollo, TTS. 

6.      Suanggi
Sinopsis: dalam sebuah ruang makan biara suster, terjadilah sebuah komunikasi pelik tentang suanggi atau tukang santet di antara dua orang suster, seorang pastur, seorang guru agama dan seorang pemuda. Bagaimana harusnya orang-orang baik ini membicarakan si jahat di hari Minggu? Latar cerpen ini di Kapan.

7.      Sakura dari Fujikawaguchiko
Seorang dari Timor menjadi imigran di Jepang selama belasan tahun bekerja sebagai teknisi di Tokyo. Setelah berhenti bekerja ia menjadi seorang nokanshi atau pemandi jenazah dalam tradisi Jepang. Latar cerpen ini di Jepang. 

8.      Sifon
Sinopsis: Seorang pemuda Timor yang baru pulang dari tanah Malaysia memberanikan diri untuk menjalani ritual sifon atau sunatan secara tradisonal dan rahasia demi menikahi gadis pujaanya. Sifon adalah prasyarat pernikahan yang diyakini keluarga si gadis. Namun sifon bukannya tanpa resiko. Orang Dawan mempercayai bahwa sifon yang dilakukan dengan dasar kebohongan akan berakibat fatal. Termasuk bagi Yanto yang hari itu bernasib malang. Latar cerpen ini di Sungai Noelmina, Timor. 

9.      Dua Aktor Mamatua
Sinopsis: Keluarga polisi Sanda bergembira menyambut keluarga baru. Sang ibu bersikeras menamai anak bungsunya itu sama dengan aktor televisi kebanggaanya. Nama adalah doa. Dan ibu itu bangga bahwa doanya terkabul. Latar cerpen ini di Kampung Fatutasu, Mollo Utara.

10.  Klang-Klang
Sinopsis: Seorang penjual kopi di gunung Kelimutu secara misterius berteman dengan sesosok aneh yang hidup dalam masa lalu dan masa kini. Lebih aneh lagi bahwa sosok itu bisa berganti rupa menjadi seekor burung penjaga danau. Hingga pada suatu hari datanglah seorang anak perantau bertemu dengan si penjual kopi. Rupanya mereka sama-sama orang dekat sang penemu danau Kelimutu. 

11.  Pohon Kersen dan Batman
Sinopsis: seorang penulis lepas yang masih lajang hidup sendirian merawat rumah dan sebuah pohon kersen warisan keluarganya, serta hidup bermusuhan dengan salah satu tetangganya. Ia sering dituduh sebagai anak dari keluarga tukang santet. Ia sendiri menyimpan banyak pertanyaan tentang siapa sebenarnya dia. Hingga suatu malam sebuah peristiwa aneh dan memuncak terjadi di halaman rumahnya di pohon kersen tersebut.

12.  Menikahi Anjing
Sinopsis: Di sebuah rumah kos di Utara Jogjakarta, seorang pemuda asal Timor dinyatakan menderita gangguan kejiwaan, Skizofrenia. Dari dalam kamarnya, kehidupan kos penuh gejolak di bangun dan ia nyatakan dalam dunianya. Siapakah sesungguhnya yang sedang menikahi anjing?

13.  Tersesat di Netmetan
Sinopsis: di Mollo tahun 1975. Kisah dua keluarga kepala pelayan yang dipercayakan oleh raja Mollo menjamu keluarga pak A.H Nasution yang menginap di wisma Embun Mollo. Sebelumnya stigma berkembang karena anak sang kepala pelayan (Theresia Avilla) dulunya pernah menikah dengan seorang yang diduga PKI lalu menghilang entah kemana. Di hutan Netmetan 10 km dari wisma Embun Mollo, sepuluh tahun setelah peristiwa G30S, seorang pria muda tersesat dalam angan-angan sejarah dan tak tahu jalan pulang.

14.  Kabut Kota Ini
Sinopsis: seorang anak diam-diam menjalin relasi rahasia dengan segerombolan kabut dan lorong-lorong waktu. Ia sendiri menyimpan banyak cerita lampau tentang kota kecil dan beberapa warga hebatnya. Cerita yang diwariskan oleh kedua orang tuanya sendiri. Dan dengan kemampuan bermimpi yang unggul, ia boleh bebas melenggang menembus waktu, termasuk ketika harus berada pada dua masa berbeda bersama Sea A Ging, seorang abener dan AFK Oematan seorang pewarta agama Katolik. Latar: Kapan.

15.  Menghapus Ilona
Sinopsis: Awalnya Ilona mencintai Bumi begitu sebaliknya. Sebagaimana bulan dan Bumi saling berpadu dalam porosnya. Namun cinta yang tulus itu berakhir juga oleh kehadiran Arya. Dalam perayaan Waisak yang khusyuk di pelataran Borobudur, Bumi bisa saja merasa berbungga sekaligus patah karena adanya pengkhianatan. Latar cerpen ini di Magelang dan Jogja. 

16.  Suatu Malam yang Penuh Hujan dan Aku Gila
Sinopsis: hujan dan malam bagi seorang pelamun tentu akan menjadi sebuah peristiwa yang begitu dramatis dan puitis. Tentu saja sang pelamun dengan bebas berbicara nyinyir dan menilai setiap orang dan situasi yang lewat. Persis di sebuah sudut resto pizza kegemarannya, sang pelamun itu duduk dan menciptakan ruang imajinya sendiri: suatu malam yang penuh hujan dan aku gila. Cerita ini berlatar di kota Jogjakarta.

Pre Order mulai sekarang hingga September 2013. Min. PO Rp.100.000 akan dapat 3 buku, 1 buat pribadi pengorder, 2 buat dihibahkan ke perpus dan rumah baca di NTT atas nama pengorder. Info lengkap cek Surat Terbuka Proyek Kanuku Leon

1 komentar:

  1. Ade dari sinopsis ini kumpulan cerpen menarik, kenapa tdk kirim ke penerbit besar?

    BalasHapus

Beta tunggu lu pung komentar di sini, danke...