Jumat, 20 September 2013

Cara Pre-Order Buku Kanuku Leon



Kanuku Leon adalah sebuah ungkapan kuno dalam bahasa Tetun yang artinya adalah seorang raja bijaksana yang telah mangkan dan raja tersebut digambarkan sebagai sebuah pohon beringin. Kanuku Leon adalah mimpi yang ditulis ulang oleh saya untuk mengenang kembali kemegahan nenek moyang orang Timor dalam menjaga lingkungannya. Buku ini berisi 16 cerita yang kebanyakan berlatar NTT khususnya Timor. Ada Kisah pejuang lingkungan dari lereng gunung Fatunausus, kisah cinta Noorlientje dan sang ajudan jenderal di Embun Mollo, klerk yang pertama kali membawa agama Katolik ke Mollo hingga mempercakapkan suanggi di sebuah kamar makan biara. (Sinopsis selengkapnya ada di sini).
Awalnya mimpi tersebut ingin saya ungkapkan dalam sebuah novel. Riset kecil-kecilan yang saya lakukan pada akhirnya membawa saya pada penggalan-penggalannya yang paling rahasia; buku kumpulan cerpen ini.
Saya sangat berterima kasih kepada para mudaers NTT ini: Mario F Lawi (editor), Rara Watupelit dan Arystha Pello (ilustrator) dan Gerald Louis Fori (desain sampul). Merekalah yang membuat saya semakin bersemangat untuk mewujudkan cerpen-cerpen saya menjadi sebuah buku. Dan selebihnya kami sama-sama berada di titik keniscayaan bahwa anak-anak muda NTT pun bisa!
Fakta bahwa gelombang karya sastra NTT dewasa ini mulai terasa getarannya. Penulis-penulis muda NTT kemudian memilih jalan penerbitan independen dengan mengutamakan unsur lokalitas, orisinalitas dan kreativitas karya. Terbukti makin banyak buku kumpulan puisi, cerpen dan novel yang diterbitkan tahun-tahun belakangan ini oleh penulis Flobamora. Kita pun sebenarnya membutuhkan banyak gelombang dukungan dari para pembaca dan pegiat sastra di NTT, sebab dengan itu kesusasteraan kita menjadi lebih besar. Saya pun berterima kasih untuk anda yang selalu ada untuk membaca dan mendukung perkembangan sastra di bumi Flobamora ini.
Untuk anda yang ingin mendukung terwujudnya Kanuku Leon, saya memberikan dua alternatif dukungan:
Pertama, untuk anda yang berminat untuk pre-order buku ini saya membuka kesempatan sejak hari ini. Dengan Rp. 50.000, anda sudah bisa mendapatkan satu eksemplar buku Kanuku Leon terbitan Indie Book Corner Jogja (belum termasuk ongkos kirim). Dengan pre-order mulai saat ini, anda sudah turut membantu terdistribusinya buku-buku sastra penulis NTT. Ya, hasil penjualan Kanuku Leon akan dipakai untuk membeli buku-buku sastra karya penulis NTT untuk didonaikan ke rumah-rumah baca/perpus sekolah yang ada di wilayah NTT dengan tujuan untuk mempopulerkan karya penulis NTT di kampung sendiri. 
Kedua, saya juga membuat sebuah gerakan untuk mempopulerkan karya sastra NTT dengan sistem crowd-fund (proposalnya sudah diedarkan sejak Agustus 2013). Dengan donasi minimal Rp.100.000, anda akan mendapat 3 eksemplar Kanuku Leon; 1 eksemplar untuk anda sebagai donatur, selebihnya akan didonasikan ke rumah baca/perpustakaan SMA terpilih atas nama anda dan dijual dengan harga terjangkau untuk pelajar/mahasiswa/pembaca karya sastra pemula. Anda boleh menentukan perpus SMA/rumah baca tujuan Kanuku Leon.

“Cara pembelian: lakukan pembayaran via rekening Bank BRI nomor 0277-01010910-50-5 an. christianto senda. Selanjutnya mengirim SMS konfirmasi jumlah kiriman, beserta alamat anda
ke 081338037075

Terakhir, saya ucapkan terima untuk anda yang sudah ikut mewujudkan lahirnya Kanuku Leon dan perkembangan kesusasteraan NTT.

Salam budaya...
Christian Dicky Senda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beta tunggu lu pung komentar di sini, danke...