Senin, 17 November 2008

Film LASTRI ditolak!

Syuting Film "Lastri" Diprotes (from www.liputan6.com)

Liputan6.com, Karanganyar: Ketegangan menyertai jalannya syuting perdana film berjudul Lastri di bekas pabrik gula Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (15/11). Namun kericuhan bisa dihindari setelah sutradara Eros Djarot menemui warga serta sejumlah aktivis ormas Islam yang sejak awal bersiap membubarkan jalannya syuting.

Jalannya dialog antara Eros Djarot dengan warga diwarnai perdebatan panjang terkait persepsi yang disampaikan soal tudingan penyebaran ajaran komunisme dalam film Lastri. Penolakan dari pemrotes tak urung mengganggu jalannya syuting.

Eros menyesalkan tindakan warga serta ormas Islam karena salah paham dengan tujuan pembuatan film Lastri. Menurut dia, film ini memang mengambil seting 1965-an. Namun sama sekali tidak berkaitan dengan ajaran komunisme. Terkait protes warga, Eros berencana memindahkan lokasi syuting ke tempat lain.(YNI/Wiwik Susilo
_______________________________

Pertanyaan mengapa harus dilarang kalau film itu ingin mengungkapkan kebenaran. Toh G30SPKI itu tak lebih dari peristiwa politis semata yang sukses bermain peran, jelas bahwa puluhan tahun otak kita sudah dicuci habis2an sama kekuasaan ORBA, ketika saban september film tersebut sudah tertanam di akar otak kita. Padahal nyatanya sebagian besar mereka yang tewas pada waktu itu justru karena 'hanya dugaan semata', tanpa diadili langsung main bunuh dan seluruh keluarga pun ikut dibawa-bawa sebagai label 'yang PKI'. Ini tidak adil. Apa takut kedok yang selama ini tersusun rapi ambruk? Karena bagi saya mereka, anak cucu dan keluarga dari korban2 yang terpaksa menyandang status 'PKI' tanpa kejelasan hukum, mereka yang hingga kini masih hidup dengan embel-embel anak PKI, cucu PKI, keturunan PKI,DLL ingin menuntut keadilan.
Bagi saya bukan ideologi PKI itu saya yang mesti diluruskan, namun para korban2 yang sudah puluhan tahun ini hidup dengan stigma PKI inilah yang mesti kita tinjau lagi, kasihan mereka. Karena sekali lagi mereka yang disebut PKI itu banyak yang jelas-jelas dipaksakan untuk terlibat,dsb. Pemerintah jangan hanya diam saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beta tunggu lu pung komentar di sini, danke...