Senin, 20 Oktober 2008

Belajar Memberi Bersama Oprah Big Give!


Oprah Big Give. Acara baru di Metro TV yang sungguh menggugah saya. Meski saya baru mengikuti dua episode namun tak lantas membuat saya kesulitan untuk memahami inti acara tersebut. Menarik sekali, inspiratif sekaligus menohok nurani terdalam (terakhir ini sungguh sangat subjektif, bukan berlebihan namun justru yang saya rasakan demikian adanya!). Oprah Winfrey bagi saya adalah tokoh hebat, murah hati sekaligus berpengaruh (Majalah Time mendaulat beliau ke dalam daftar 100 orang berpengaruh di dunia tahun 2008 ini).
Saya mengenal Oprah dan acara TVnya terbilang belum lama, baru tiga tahun belakangan saya tertarik dengan suguhan acaranya, juga kehidupan diluar Oprah Winfrey Shownya. Betapa Oprah mampu memanfaatkan dengan baik ketenaran dan kekayaannya dengan berbagi dan berbagi. Berbagi harta, hati dan inspirasi. Senyum dan tawa, kekuatan dan semangat hidup. Tak terkira betapa saya pribadi memperoleh banyak hal setelah menonton acaranya atau membaca artikel tentang dirinya. Oprah jelas punya semuanya, harta juga cinta, hati, senyuman dan semangat untuk dibagi kepada siapapun, termasuk saya. Jelas bahwa acaranya telah diputar dipuluhan Negara di berbagai belahan dunia, jelas pula bahwa kehadirannya kian membawa pengaruh sekecil hingga sebesar apapun.
Big Give adalah cara member. Memberi dengan hati. Big Give adalah peringatan. Mengingatkan miliaran pasang mata, bahwa hidup memang indah dengan berbagi, tak ada ruginya deh ketika kita berbagi. Big Give adalah apa saja yang bisa kita berikan dan tidak melulu barang/harta. Big Give adalah memberi hati dengan hati kepada yang membutuhkan hati. Memberi cinta demi cinta bagi yang dicintai. Big Give bagi saya adalah upaya memanfaatkan kekuatan dan popularitas Oprah sebesar-besarnya demi kampanye ‘memberi dan terus memberi’, janganlah puas untuk terus member, janganlah ragu untuk member, jangan malu dan sungkan untuk member. Memberi apa saja yang saya dan anda punya kepada siapa saja yang tentu akan bermanfaat baginya.
Big Give sejatinya dibuat dengan misi menyadarkan Amerika akan pentingnya member. Namun saya yakin Oprah punya target lebih dari itu, bukan saja Amerika namun dunia pada umumnya, betapa Oprah sadar betul kehadirannya selalu menuai perhatian sehingga ‘kampanye’ member itutak berlebihan jika akan berefek positif bagi dunia. Contoh kecilnya adalah saya. Sepatutnya saya memberikan ucapan terima kasih buat Oprah dengan Big Givenya, karena mereka sudah berhasil mengetuk hati saya (awalnya terasa menohok-emosional sekali). Semoga ini bukan seperti makanan instan yang masuk ke perut saya yang hanya mengenyangkan sesaat lantas luntur setahun. Namun saya percaya efek afeksil bisa jadi akan lebih awet ketimbang kognitif semata. Yah, rasa kemanusiaan saya sepertinya sudah dijamah mulus dan semoga saja terus awet (saya sama sekali benci bahan kimia pengawet) saya malah berharap Tuhan member pengawet alami yang menyehatkan, suara hati nurani saya, lentera jiwa seperti kata Nugie. Saya yakin jika pengawetnya ini, keabadian yang manusiawi akan terus leastari. Amin.
Saya lantas berpikir apa yang saya berikan kepada orang lain hari ini? Harta? Saya kira tidak mesti. Namun bagaimana dengan senyuman? Oh, saya kira yang satu ini harus menjadi pemberian wajib saya sehari-hari, big give saya kepada siapapun. Memberi adalah menuai bahagia. Bahagia adalah manusiawi. Manusiawi adalah mencintai dengan ikhlas. Ikhlas adalah sempurna. Sempurna adalah yang tulus. Tulus adalah manusia, maka saya dan anda yang manusia (dan jika masih mau disebut manusia) wajib memberi. Memberi hati, kasih, tawa, senyum, motivasi, kehangatan, sukacita, damai sejahtera, kelembutan, dan optimism. Kekuatan, kesabaran dan keramahan. Salam dan doa. Memberi terang dan dukungan, maaf dan pengampunan, kesuksesan dan rahmat. Duka demi tawaria, tangis demi bahagia abadi, sakit demi kesembuhan.
Memberi adalah memberi saja tanpa berharap diberi, senyum saja tanpa berharap dipuji, berdoa saja tanpa berharap diperhatikan. Memberi jangan hanya melulu berharap ingin diberi!
Mari memberi
Ayo memberi
Terus memberi
Memeberi demi dunia yang lebih baik…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beta tunggu lu pung komentar di sini, danke...