Minggu, 18 April 2010

Inilah Kekuatan Alam, Eropa Lumpuhlah!!!

Kekuatan alam mungkin yang sedang ditunjukan lewat kejadian meletusnya gunung Eyjafjallajokull (baca: ay-yah-FYAH'-plah-Yer-KUH-duhl. Idiiiihh ribet amat sih bahasanya he he he) di Islandia-Eropa. Bayangkan saja jika kekuatan yang maha dahsyat itu mampu melumpuhkan benua Eropa, jaringan udaranya. Kita tahu bahwa transportasi udara menjadi salah satu hal penting di Eropa, jika lumpuh maka efeknya bisa kemana-mana.

Bayangkan lagi, jika total penerbangan di Eropa itu 22.000, sejauh ini hanya mampu mengoperasikan 6.000 penerbangan saja, 16.000 lainnya mati kutu! Udara di benua Eropa lengang. Sepi dari hiruk pikuk penerbangan pesawat.

Katanya, debu hasil letusan gunung berapi yang melanglang buana, bebas 10 km diangkasa raya akan mengganggu mesin pesawat, dan itu berbahaya.

Efeknya, kerugian ekonomi mencapai 2,18 Triliun per harinya! Wooooowww! Dan sudah terganggu selama 3 hari, maka tinggal dikalikan saja dengan angka 2.18 T itu (Harian Kompas).

Bukan saja aktivitas manusia yang terganggu, proses distribusi makanan/ekspor impor bahan makanan, atau bahan-bahan urgen manusia lainnya juga pastinya akan terganggu.

Dan kini, transportasi masal lainnya, yakni kereta apilah yang menjadi serbuan dan tumpuan masyarakat. Penumpang membludak. Wowww.

Ini membuktikan bahwa beta besar kekuatan alam itu. Kadang bisa tenang, angin mendesir, indah di mata, namun bisa juga beringas! Alam mungkin saja sedang bilang: Hei, manusia, janganlah kamu tinggi hati, cingkak hatimu, seolah kaulah penguasa semesta ini, kami alam pun, adalah penguasa semesta juga.’ Kadang dengan kejadian inilah yg bisa membuat manusia sadar bahwa mereka tak sendiri, apalagi hanya memikirkan diri sendiri.

Kalau alam marah, bisa-bisa gak mau nyanyi lagu ‘Mbah Dukun’ lagi, lho! Itu kan Alam yang lain, adiknya pedangdut Veti Vera kan? He he he…


Jogja, 18 April 2010

foto: www.metro.co.uk

4 komentar:

  1. saya sudah berlatih hampir dari tiga kali untuk menyebut nama Eyjafjallajokull...tapi lidah ini bisa terbelit jika berlatih terus..hahaha...dulu saya pikir nama missississipi adalah yg tersulit. :P gunung ini sudah menyimpan energi selama 1.100 tahun letusan terakhir terjadi pada tahun 1823. Jadi bisa dibayangkan berapa besarnya selama tekanan yang sudah terakumulasi. :)

    BalasHapus
  2. hehhehe iya nih...saya juga kesulitan mengeja nama gunung itu dengan benar....btw trims sudah mampir di blog ala kadarnya ini...salam kenal deh. di Bandung yah???

    BalasHapus
  3. iya...salam kenal juga...hehehe...biasa nongkrong di blogger NTT?

    BalasHapus
  4. dulu, awal2 tahun berdiri...tp sekarang malah gak aktif lagi...

    BalasHapus

Beta tunggu lu pung komentar di sini, danke...