Senin, 01 Desember 2008

BURUH, Riwayatmu Kini...


Siap-siap, PHK datang lagi. Dan seperti biasanya pihak buruh yang lagi-lagi akan kena dampaknya. Resesi datang, bersiaplah untuk juga depresi, inilah ungkapan pakar ekonomi Rhenald Kasali. Pengangguran besar-besaran sudah di depan mata. Pak SBY ujian buatmu menjelang masa akhir jabatan. Jika tidak bijaksana, maka reputasimu di Pilpres mendatang jadi taruhannya. Saya masih ingat kampanye partai Demoklrat di radio-radio Jogjakarta, ...'pemerintahan siapa yang bisa menurunkan angka kemiskinan hingga...'(malasnya saya kalau mendengar sesuatu hanya dari kuantitas, angka-angka bukan kualitas!). Maka bisa jadi iklan itu tak akan berarti apa2.

Mengejutkan memang, bahwa ada fakta oleh Harvey Brener (dalam Kompas, 1/12) setiap 10 % kenaikan penganggur, maka KEMATIAN akan naik 1,2 % SERANGAN JANTUNG 1,7 %, BUNUH DIRI 1,7% dan HARAPAN HIDUP berkurang hingga 7 tahun!

ILO bahkan sudah memutuskan angka PHK akibat krisis global kali ini mencapai 20 juta orang. Berapah jumlah orang Indonesia yang termasuk dalam angka 20 juta itu?
Kita lihat saja bagaimana kebijakan pemerintah atas masalah ini... Selamat berjuang yah pak SBY, rakyatmu menanti keputusan yang terbaik darimu dan kabinetmu. Saya doakan tidak terlalu parah jadinya, tapi soal naiknya angka pengangguran bukannya pesimis tapi sudah kenyataan bahwa SAMPAI HARI JUMAT KEMARIN (28/11) SEDIKITNYA SUDAH 15 RIBU ORANG TER-PHK!
(foto dari kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beta tunggu lu pung komentar di sini, danke...